Alasan Singkat Kenapa Perempuan Harus Terjun Ke Industri Teknologi

Alasan Singkat Kenapa Perempuan Harus Terjun Ke Industri Teknologi

Mendengar istilah industri teknologi pasti langsung terlintas mengenai sekumpulan orang yang berkutat pada banyaknya kode, selalu didepan layar komputer, dengan beberapa alat modern, dan mayoritas pra pekerjanya adalah laki-laki.

Microsoft sempat mengungkapkan sebuah fakta menarik, bahwa hanya 1 dari 4 anak perempuan yang berusia 12 hingga 19 tahun di Asia yang mengetahui bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM).

Dari fakta diatas, Microsoft mampu melontarkan 3 alasan yang dapat menguatkan para perempuan di Indonesia agar ikut terjun dalam dunia industri teknologi. Beriku ini adalah penjelasannya!

Sharing Bersama Tokoh Panutan Di Bidang STEM

Alasan Singkat Kenapa Perempuan Harus Terjun Ke Industri Teknologi

Melakukan eksposur bersama tokoh-tokoh pantutan perempuan bisa mematahkan stigma umum masyarakat, bahwasannya STEM merupakan maskulin dan bidang ini hanya diperuntukkan untuk laki-laki saja.

Saat ini beberapa sekolah bisa mengubah persepsi seorang anak perempuan dalam bidang STEM, kemudian memberikan eksposur terhadap role model kepada para siswi melalui kerjasama yang dilakukan langsung bersama beberapa tokoh perempuan setempat, baik alumni, atau mereka yang menekuni bidang STEM tersebut. Pada pertemuan singkat, bisa saling berbagi cerita bahwasannya para perempuan di Indonesia sangat berperan penting dalam bidang industri teknologi.

Buat Pengalaman Yang Berkaitan Dengan Dunia STEM

Setelah mendapatkan eksposur dari para tokoh panutan, selanjutnya sekolah juga bisa mengimplementasikan beberapa pengalaman secara langsung untuk para siswi yang masih tergolong muda. Dimulai dari menggunakan perangkat yang cukup akrab digunakan para siswi pada masanya, contohnya PC dan juga tablet. Kemajuan industri teknologi tentu akan membantu para siswi agar semakin mudah dalam mempelajari bidang studi STEM tersebut, karena caranya mudah dicerna dengan usia mereka.

Pengalaman yang sudah dipelajari akan membentuk hard skill maupun soft skill, sehingga para perempuan muda bisa bekerja di bidang STEM dengan sangat mudah. Banyak sekali keahlian berharga yang bisa mereka dapatkan, seperti berfikir secara kritis, kreativitas, mudah memecahkan suatu masalah, hingga keterampilan dalam berkomunikasi.

Dukungan Dari Orang Sekitar

Alasan Singkat Kenapa Perempuan Harus Terjun Ke Industri Teknologi

Ini adalah poin terpenting bila kalian sudah mempelajari atau bahkan menguasai dunia STEM, karena dukungan dari orang sekitar akan sangat berpengaruh agar kalian bisa terjun ke dunia industri teknologi. Hal ini sangat dibutuhkan agar kalian semakin yakin, percaya diri, dan tidak takut untuk terjun dalam bidang pekerjaan yang satu ini.

Berpikir secara streotip bahwasannya dunia industri teknologiĀ  tak hanya dapat dikuasai oleh kaum pria saja, tetapi para perempuan Indonesia juga bisa menempati kesempatan yang sama. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, banyak sekali peluang karir dimasa depan yang berkaitan dengan STEM. Memilih karir yang satu ini tentu sangat mendukung para perempuan muda yang ingin mewujudkan potensi mereka untuk saling membantu untuk mengubah dunia jadi semakin maju.

Artikel ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang hari ini masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih, menekuni karir dalam bidang STEM bisa menjadi solusi jika kamu ingin turut ikut serta ingin bergabung, dan terjun secara langsung dalam bidang industri teknologi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *