Cara Memasarkan Bisnis Termudah Lewat Aplikasi Sosial Media

Cara Memasarkan Bisnis Termudah Lewat Aplikasi Sosial Media

Indonesia adalah salah satu negara dengan populasi tertinggi di dunia, lebih dari 175,4 juta diantaranya menggunakan internet. Di era modern seperti sekarang ini ratusan juta orang sangat aktif menggunakan platform sosmed terpopuler seperti Facebook, Instagram, YouTube, WhatsApp, dan Twitter. Disituasi seperti sekarang ini tentu para pelaku bisnis jadi merasa lebih tertantang untuk saling membangun reputasi terbaik dimata target pembeli, walau ada banyak persaingan namun cara ini sangat memudahkan dalam memasarkan bisnis dengan jangkauan yang lebih besar dari sebelumnya.

Terlebih sosial media menjadi salah satu alat pemasaran terkuat, menciptakan image yang baik sebuah brand adalah hal yang mudah bila mempunyai banyak followers aktif yang dapat dinilai dari total insight dari jumlah sebuah tayangan, like, hingga kolom komentar. Semakin banyak jumlah pengunjung akun sosmed, maka akan semakin kuat nilai pemasaran yang tercipta dengan beberapa tips yang sudah dirangkumkan khusus untuk para pembaca.

Bangun Rencana Pemasaran

Cara Memasarkan Bisnis Termudah Lewat Aplikasi Sosial Media

Sebelumnya melakukan pemasaran, tentu anda harus mengetahui dan memahami target pasar. Mulailah dari mendefinisikan target pelanggan yang ideal, baik dari usia, lokasi, jenis kelamin, minat, hingga kebutuhan apa yang sedang mereka perlukan. Selain itu pantau juga diskusi apa yang sedang terjadi pada platform media sosial, hingga daya tarik konsumen yang dirancang dalam pembuatan konten menarik yang disukai mereka.

Cari Tahu Konten Apa Yang Sedang Ramai Pada Suatu Platform

Setiap kanal platform biasanya turut menyajikan fitur dan karakter pengguna yang beraneka ragam, jangan lupa untuk memperhatikan gaya komunikasi pada suatu platform sebelum menentukan aplikasi sosial media mana yang akan kalian ramaikan.

Contohnya Facebook, dimana platform ini sangat cocok untuk membagikan konten berita hingga video hiburan, sedangkan Instagram berguna untuk membagian tampilan visual dengan kualitas terbaik seperti foto produk hingga video. Jika suatu platform mempunyai konten menarik dan ramai jadi perbincangan, maka jangan ragu untuk terjun dan ikut membuat konten disana ya!

Menjaga Konsistensi

Tiap kanal media sosial sudah pasti memiliki ciri khas yang berbeda-beda, maka jangan lupa mengeksplore konten yang sedang tranding untuk menjadi acuan yang tepat sebelum mengunggah konten. Jangan lupa untuk membuat jadwal upload suatu konten sesuai peak time yang ada, hal ini ditujukan agar tidak mengunggah secara berlebihan yang terkesan membosankan.

Perhatikan Respon Konten Yang Diupload

Setiap konten biasanya akan mendapatkan respon yang berbeda-beda, semua itu tergantung dari caption, kualitas gambar, jenis barang yang ditawarkan, hingga faktor layanan pendukung. Jika sudah mendapatkan respon yang bagus, maka kegiatan branding akan berjalan dengan sendirinya, bahkan bisa jadi lebih menonjol dari para pesaing karena jadi lebih lebih mudah untuk diakses oleh target pelanggan.

Buatlah Grup Atau Komunitas

Ini merupakan metode terakhir yang bisa digunakan jika ingin menggaet calon pembeli agar mereka merasa benar-benar tertarik dengan merek dan produk yang anda jual. Selain menampilkan produk dengan kualitas HD, kalian juga bisa membagikan beberapa informasi, dan cerita menarik yang berkaitan dengan produk yang anda tawarkan.

Kemudian anda juga bisa membangkitkan loyalitas para anggota komunitas, hal ini tentu akan membuat mereka jadi lebih bersemangat untuk mempromosikan bisnis anda jauh lebih baik dimata para pelanggan.

Saat ini memasarkan bisnis jadi lebih mudah dengan cara yang tepat, hanya melalui aplikasi media sosial siapapun bisa berjualan dengan leluasa tanpa hambatan, dan modal yang dikeluarkan juga jauh lebih minim. Yuk mulai bisnismu dari sekarang, dan jangan lupa untuk memanfaatkan situasi yang ada dengan memasarkannya melalui beberapa platform ternama tahun ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *