Inilah Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

Inilah Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

Para pembisnis sebelum mengembangkan bisnis mereka sendiri, atau ingin bergabung dengan bisnis orang lain alias reseller tentu tidak boleh asal-asalan. Makanya kali ini saya akan membagikan beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum kalian menjadi pembisnis hebat, karena harus tahu ilmu bisnis dan trik bisnis yang baik dan benar.

1. Perhatikan Peluang BisnisĀ 

Inilah Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

Ini merupakan poin yang paling penting yang harus dilakukan para pembisnis sebelum mereka menggeluti usahanya, sebab bisnis yang bagus bukan hanya karena sesuai pendapat kita sendiri bagus saja. Sebab, anda bukan ingin berjualan untuk diri sendiri, akan tetapi kalian ingin menjual sesuatu yang dibutuhkan oleh orang lain. Pastikan dulu kebanyakan orang sedang membutuhkan apa, supaya produk yang ditawarkan menjadi laku karena sesuai keinginan pelanggan.

2. Cari Tahu Target Marketnya

Bagaimana kita bisa memperoleh peluang sukses, jika kita tidak tahu ingin jualan ke siapa, kalau tidak ada pembeli jadinya penjual akan rugi karena tidak ada pemasukan. Makanya, sangat penting sekali untuk mengetahui siapa target marketnya.

Sebelumnya juga bisa dilakukan wawancara kepada beberapa target market tentang apa yang sedang mereka inginkan. Pendekatan kepada target market juga sangat penting, sebab akan menumbuhkan tingkat kepercayaan agar bisa closing dengan transaksi jual beli.

3. Seberapa Besar Keuntungannya

Inilah Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

Kalau mau join suatu bisnis, kalian juga harus tahu berapa nominal keuntungan yang akan didapatkan. Apakah untungnya tegolong besar, atau biasa-biasa saja dari modal yang dikeluarkan.

Jika untungnya lebih besar dan jelas, tentu tak ada salahnya bila kalian mengambil peluang tersebut. Ingat bisnis itu harus untung, tapi kalau kamu lebih sering mengalami kerugian itu bukan bisnis namanya, tapi cuma buang uang modal jadi sia-sia.

4. Sebanyak Apa Pelanggan Melakukan Repeat Order

Bisnis yang bisa tahan lama atau survive itu akan membuat pelanggan selalu “Repeat Order” atau pesan produk lagi. Jika angka repeat order suatu barang sangat tinggi, tentu anda tidak usah repot promosi atau membuat iklan secara terus menerus yang menghabiskan banyak biaya.

Pembeli akan datang dengan sendirinya secara sukarela, bahkan bisa saja jadi mengajak orang terdekatnya untuk membeli produk yang anda jual. Karena promosi yang paling baik, dan tanpa biaya memang cuma promosi dari mulut ke mulut.

5. Selalu Perhatikan Media Jualan

Inilah Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

Poin ini sangat berhubungan sekali dengan target market, apalagi dimasa modern banyak sekali aplikasi sosial media yang semakin mempermudah penjualan. Kadang kala punya toko offline memang sangat bagus, tapi lebih baik lagi jika melakukan penjualan secara online agar bisa dijangkau oleh orang banyak. Semakin luas jangkauannya, maka akan semakin banyak pembeli yang menghabiskan barang jualan yang anda tawarkan dalam waktu singkat.

6. Cari Tahu Marketing Kitnya

Kalau kalian mau instant tanpa repot bikin promosi atau iklan sendiri, lebih baik cari yang ada market kitnya supaya bisnis jadi lebih mudah. Bayangkan saja jika kalian hanya mendapatkan produk, tapi jadi susah jualan karena terlalu repot bikin media promosi sendiri. Itupun kalau kalian bisa, tapi jika tidak ada skill justru jadi bikin jadi lebih repotkan? Makanya jika kalian terhadang kendala tersebut, lebih baik cari yang ada marketing kitnya saja.

Gimana sudah siap memulai bisnis? Jangan lupa untuk selalu menerapkannya jika peluang rugi anda jadi semakin kecil, bahkan bisa sukses dalam dunia bisnis yang sedang digeluti.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *